LOCAL FOOD


1. Sanggara peppe’

Sanggara peppe’ adalah makanan digoreng khas Sulawesi Selatan. Tidak banyak diketahui tentang asal usul makanan ini, tetapi namanya menandakan bahwa makanan ini berasal dari Bugis. “Sanggara” berarti pisang goreng, dan “peppe'” berarti gepeng/penyet. Hal yang unik dari pisang goreng ini adalah ia terbuat menggunakan buah pisang yang belum matang, dan pisang goreng ini bertekstur crispy walaupun tidak menggunakan adonan tepung goreng sama sekali. Makanan ini jarang ditemukan pada masa sekarang ini.

Cara pembuatannya adalah dengan mengupas lalu menggoreng pisang yang belum matang hingga berwarna agak cokelat, lalu angkat pisang dan penyetkan dengan batu cobek atau alat lainnya. Setelah itu rendam dalam air garam selama 10 – 15 menit. Goreng lagi pisang yang sudah direndam tadi hingga matang dan renyah. Gorengan ini biasanya disajikan dengan sambal tomat.

https://anakuntad.com/2019/03/sanggara-peppe-makanan-khas-sulawesi-selatan/

2. Sanggara Balanda



Sanggara Balanda merupakan gorengan manis khas Sulawesi Selatan. Konon dulu Sanggara Balanda ini dibuat pakai keju dan mentega yang dibawa oleh orang Belanda pada zaman penjajahannya, sehingga dinamakan Sanggara Balanda. Makanan ini selalu dijual fresh karena tidak tahan lama. Pisang goreng ini hanya bisa dibuat dengan menggunakan pisang raja saja, karena kandungan gulanya lebih tinggi dari pisang pada umumnya sehingga terjadi proses karamelisasi ketika digoreng.

Cara pembuatannya adalah dengan menggoreng pisang raja yang sudah dikupas hingga setengah matang, lalu mencelupkannya ke dalam putih telur kocok kemudian menggorengnya lagi hingga betul-betul matang. Tengahnya pun dibelah tetapi tidak hingga putus kemudian dituang saus yang terbuat dari campuran mentega dan gula. Biasanya diberi juga kacang kulit cincang yang sudah disangrai atau parutan keju.

https://www.liputan6.com/ramadan/read/3960527/sanggara-balanda-makanan-berbuka-orang-bugis-sejak-zaman-penjajahan-belanda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food termonology

sous vide