LOCAL FOOD


1. Pisang Ijo



Pisang Ijo adalah makanan dessert khas Bugis Sulawesi Selatan. Seperti kebanyakan makanan khas Bugis lainnya, tidak banyak yang diketahui tentang asal usul dari makanan ini. Tetapi ada sedikit informasi tentang pilihan warna kulitnya yaitu hijau. Orang Bugis percaya bahwa warna hijau melambangkan kesakralan dan suci, selain itu mampu memberikan rasa sejuk dan tentram. Dessert ini terdiri dari pisang yang dikupas dan dikukus kemudian digulung dengan adonan tepung beras berwarna hijau dan kemudian dikukus lagi. Terdapat kuah / saus pada makanan ini yang terbuat dari campuran air, santan, gula, garam dan daun pandan. Biasanya ditambahkan juga sirup pisang ambon ke dalam sausnya setelah jadi.

https://sulsel.idntimes.com/food/diet/ita-malau/fakta-menarik-seputar-es-pisang-ijo-exp-c1c2-regional-sulsel/full
2. Jalangkote





Jalangkote berasal dari kata ‘jalang’ yang berarti jalan dan “kote’” yang berarti berkotek-kotek atau teriak. Jalangkote’ dulunya dijajakan oleh anak kecil yang berjualan keliling dari rumah ke rumah sambil berjalan kaki. Hal inilah yang menyebabkan makanan ini disebut jalangkote.


Sekilas, jajanan ini mirip dengan pastel. Perbedaannya terletak pada kulitnya. Kulit Pastel biasanya lebih tebal dibandingkan dengan jalangkote.

Awalnya isian jalangkote adalah daging cincang yang ditumis bersama potongan ubi jalar putih yang dipotong kecil berbentuk dadu dan toge. Kunci kenikmatan jalangkote’ terletak pada sambalnya yang terbuat dari air cuka, air sisa tumisan isian Jalangkote’, bawang putih, gula, cabe besar untuk memberikan warna, dan cabai kecil untuk sensasi rasa pedas.

Sumber : https://makassar.tribunnews.com/2017/10/21/nikmatnya-jalangkote-ada-pada-sambalnya-yuk-kenali-sejarahnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food termonology

sous vide

LOCAL FOOD