Discribes some Ingredient

CABAI RAWIT





Cabai rawit atau cabai kathur, adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di Malaysia dan Singapura ia dinamakan cili padi,
di Filipina siling labuyo, dan di Thailand phrik khi nu. Di Kerala, India, terdapat masakan tradisional yang menggunakan cabai rawit dan dinamakan kanthari mulagu. Dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper.


Buah cabai rawit berubah warnanya dari hijau menjadi merah saat matang. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada varietas cabai lainnya, ia dianggap cukup pedas karena kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville. Cabai rawit biasa di jual di pasar-pasar bersama dengan varitas cabai lainnya.


Terdapat peribahasa Indonesia "kecil-kecil cabai rawit" (Malaysia: kecil-kecil cili padi), yang artinya kecil-kecil tetapi pemberani. Hama yang menyerang antara lain Bactrocera papayae dan Bactrocera carambolae.


Manfaat bagi kesehatan :

Meningkatkan sirkulasi darah
Membantu nyeri otot
Membantu detoksifikasi





sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Cabai_rawit


SAYUR BAYAM






Bayam adalah tanaman sayur-sayuran dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata "amaranth" dalam bahasa Yunani berarti "everlasting" (abadi). Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Bayam dapat tumbuh sepanajng tahun, dimana saja, baik didataran rendah maupun didataran tinggi. Pertumbuhan paling baik pada tanah subur dan banyak sinar matahari. Suhu yang baik 25-36 c dan pH tanah antara 6-7. waktu tanam terbaik pada awal musim kemarau.


Tanaman bayam dikenalkan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang. Diduga tanaman bayam masuk ke Indonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia.


Bayam Terdiri Dari 2 Macam
Bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari)


Jenis Tumbuhan Bayam
Terdapat tiga varietas bayam yang termasuk ke dalam Amaranthus tricolor, yaitu bayam hijau biasa, bayam merah (Blitum rubrum), yang batang dan daunnya berwarna merah yang mengandung cairan merah, dan bayam putih (Blitum album), yang berwarna hijau keputih-putihan. Selain Amaranthus tricolor (A. tricolor), terdapat bayam jenis lain, seperti bayam kakap (A. hybridus), bayam duri (A.spinosus), dan bayam kotok/bayam tanah (A. blitum).


sumber http://duniaplant.blogspot.com/2015/09/pengertian-definisi-tanaman-bayam-dan-morfologinya.html


KACANG PANJANG





Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang mempunyai ukuran yang panjang dan berwarna hijau. Di dalam kacang panjang terdapat biji halus yang dapat dimakan karena bijinya lunak. Kacang panjang memiliki daun yang disebut dengan lembayung yang dapat dijadikan masakan. Kacang panjang ini biasa digunakan sebagai campuran sayur asem karena teksturnya yang ketika dimakan akan terasa sedikit memiliki sensasi yang berbeda karena agak keras namun tidak terlalu keras. Selain itu, kacang panjang juga bisa diolah dengan ditumis atau bahkan jika Anda penyuka lalapan, kacang panjang bisa dijadikan sebagai lalapan karena kacang panjang tidak memiliki rasa yang pahit ataupun manis. Kacang panjang cenderung memiliki rasa yang hambar.



Fungsi
Kacang panjang tidak hanya nikmat untuk dijadikan masakan tetapi dibalik itu kacang panjang memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk Anda. Mengkonsumsi kacang panjang dapat mencegah sembelit, mencegah berkembangnya sel kanker, memiliki sifat antibakteri, dapat mengobati leukimia, mencengah osteoporosi, membantu mengatasi penyakit batu ginjal. Karena dalam kacang panjang terdapat kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, lemak, kalori, zat besi, riboflavin, thiamin, mangan, protein, dan asam folat. Sehingga tidak masalah mengkomsumsi kacang panjang setiap hari.


Rasa yang dihasilkan kacang panjang sama seperti sayuran pada umumnya. Rasa yang dihasilkan oleh kacang panjang umumnya sedikit renyah dengan adanya biji-biji halus di dalamnya. Mencampurkan kacang panjang pada masakan Anda akan menambahkan rasa yang berbeda karena Anda mendapatkan sensasi yang berbeda ketika menyantapnya. Biasanya orang mengolah kacang panjang dengan cara menumisnya, lalapan atau sebagai bahan campuran untuk membuat sayur asem.


Cara Mengolah
Kacang panjang yang memiliki kualitas baik akan menghasilkan masakan yang lezat namun masih banyak yang kurang teliti dalam memilih kacang panjang sehingga sering kali ditemukan kacang panjang yang sudah keriput. Padahal jika Anda cermat dalam memilih kacang panjang, Anda akan mendapatkan masakan yang nikmat. Berikut beberapa cara agar kacang panjang Anda tetap segar:


- Pilihlah kacang panjang yang masih segar, tidak ada cacat seperti kulit yang kering, dan yang masih muda;


- Kacang panjang yang tidak ingin langsung diolah sebaiknya langsung ditempatkan pada lemari pendingin tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Caranya dengan memilih yang masih bagus kacang panjangnya kemudian diikat menjadi satu dan ditempatkan pada plastik yang berlubang lalu simpan pada lemari pendingin agar dapat bertahan hingga 10 hari;


- Cuci dahulu kacang panjang sebelum diolah. Mengolah kacang panjang dapat dipotong menggunakan pisau atau dipetik tergantung kebutuhan Anda. Jangan potong bagian kacang panjang yang memiliki lubang karena dikhawatirkan akan ada ulat;



- Memasak kacang panjang lebih praktis jika ditumis karena cukup keprek bawang putih dan campurkan dengan sayuran lainnya seperti tauge.


sumber http://www.kerjanya.net/faq/18498-kacang-panjang.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food termonology

sous vide

LOCAL FOOD