DESCRIBE INGREDIENT




1.1. NANAS
A. Nama: NANAS ( Ananas comocus )





Nanas merupakan salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropics. Nanas adalah tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus. Memiliki nama daerah danas (Sunda) dan neneh (Sumatera). Dalam bahasa Inggris disebut pineapple dan orang-orang Spanyol menyebutnya pina. Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan) yang telah di domestikasi disana sebelum masa Colombus. Pada abad ke-16 orang Spanyol membawa nanas ini ke Filipina dan Semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15, (1599).
http://duniaplant.blogspot.com/2014/10/pengertian-dan-definisi-buah-nanas.html

B. History of nanas


Buah ini bukanlah pine (pinus) atau apple (apel) dan bukanlah buah asli Hawaii. Namun sejak pertama kali dikalengkan dan emenjadi tumbuhan utama di sana, banyak yang mengkaitkan nanas dengan Hawaii. Di sana, nanas biasa digabungkan dengan beragam penganan seperti daging, makanan laut dan kudapan penutup. Jadi tak heran jika banyak resep makanan yang menggunakan nanas sebagai bahan dasarnya.
Ananas comosus merupakan nama botanikal dari buah yang kita kenal sebagai nanas. Berasal dari Amerika Selatan, dinamakan pineapple lantaran kemiripannya dengan kerucut pinus. Kata pineapple (atau pinappel di Inggris Tengah) tidak mucul dalam bahasa Inggris versi cetak sampai sekitar tahun 1664.
Cristopher Colombus dikaitkan dengan nanas setelah menemukan buah ini di Pulau Guadeloupe pada 1493, meskipun sejatinya telah lama tumbuh di Amerika Selatan. Dia menyebutnya pina de indes alias pinus dari India.
Indian Guarani di Amerika Selatan membudidayakan nanas untuk makanan utama. Mereka menyebutnya Nana, yang berarti buah yang sangat baik.
Petualang lainnya, Magellanm dikabarkan menemukan nanas di Brazil pada 1519 dan di 1555 meng.ekspornya ke Inggris serta menyebar ke India, Asia dan Hindia Barat.
Saat George Washington mencicipi nanas di Barbados pada tahun 1751, ia menyatakan bahwa buah yang dimakannya langsung menjadi buah favoritnya.
Kapten James cook kemudian memperkenalkan nanas ke Hawaii sekitar tahun 1770. Namun budidaya komersial tidak dimulai sampai 1880 an.
Pada 1903, James Drummond Dole mulai mengemas nanas dalam kaleng sehingga mudah dinikmati oleh orang-orang dari seluruh dunia. The Dole Hawaiian Pineapple Company merupakan produsen nanas kalengan raksasa yang mencuat di 1921 dan membuat Hawaii menjadi produsen nanas terbesar.
Saat ini Hawaii hanya menguasai 10% nanas dunia lantaran telah didominasi oleh Meksiko, Honduras, Republik Dominika, Filipina, Thailand, Costa Rica, Cina dan beberapa negara Asia lainnya.

https://www.sunpride.co.id/sejarah-nanas/

C. Fungsi / manfaat


NANAS termasuk jenis buah yang kerap juga ditambahkan sebagai bahan masakan baik sebagai penambah rasa maupun sebagai bahan pengolahan. Buah tropis ini memiliki banyak manfaat, apa saja manfaat si buah kuning ini?
Dilansir dari HomeCooking, Rabu (5/10/2016), nanas memiliki banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan di dapur. Kandungan enzim bromelain pada nanas membuat buah ini kerap dijadikan bahan alami untuk mengempukkan daging. Tambahkan sejumlah potongan nanas pada daging lalu diamkan beberapa saat untuk membuat daging juicy saat diolah.

Rasa nanas yang asam, manis dan segar juga memberi efek rasa yang menarik jika ditambahkan dalam masakan. Jus nanas bukan hanya segar diminum saat siang hari, tapi jus ini memiliki manfaat lain yakni mencegah oksidasi pada buah.
Blender nanas hingga menjadi cairan lalu gunakan sebagai bahan untuk mencegah buah menjadi browning atau cepat menghitam, misalnya pada potongan apel, alpukat atau pisang.

Beberapa koki menyarankan untuk memotong bonggol daun nanas dan membiarkan nanas berdiri terbalik selama setengah jam, hal ini untuk membuat jus nanas menyebar sehingga tingkat kemanisannya merata di seluruh daging nanas.
Bagian tulang nanas yang berada di tengah biasanya dibuang begitu saja, padahal sebenarnya tulang nanas memiliki manfaat. Potong menjadi bagian yang kecil dan panjang lalu gunakan sebagai pengaduk alami untuk minuman.
https://lifestyle.okezone.com/read/2016/10/05/298/1506683/fakta-manfaat-nanas-untuk-masakan-selain-empukkan-daging

D. kandungan gizi


Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 50 kal –
Karbohidrat 13,1g –
Air 86% –
Protein 0,5g –
Gula 9,9g –
Serat 1,4g –
Lemak 0,1g –
Vitamin A 3µg 0%
Vitamin C 47,8mg 53%
Vitamin D 0µg –
Vitamin E 0,02mg 0%
Vitamin K 0,7µg 1%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,08mg 7%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,03mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,5mg 3%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,21mg 4%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,11mg 9%
Vitamin B9 (Folat) 18µg 5%
Vitamin B12 0µg –
Cholin 5,5mg 1%
Kalsium 13mg 1%
Zat Besi 0,29mg 4%
Magnesium 12mg 3%
Fosfor 8mg 1%
Potassium (Kalium) 109mg 2%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,12mg 1%
Tembaga (Copper) 0,11mg 12%
Manganese 0,93mg 40%


https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-nenas-manfaat-buah-nenas-bagi-kesehatan/

E. Karakteristik



Herba tahunan atau dua tahunan, tinggi 50-150 cm.
Terdapat tunas merayap pada bagian pangkalnya. Daun berkumpul dalam roset akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah.
Helaian daun bentuk pedang, tebal, liat, panjang 80-120 cm, lebar 2-6 cm, ujung lancip menyerupai duri, tepi berduri tempel yang membengkok ke atas, sisi bawah bersisik putih, berwarna hijau atau hijau kemerahan.
Bunga majemuk tersusun dalam bulir yang sangat rapat, letaknya terminal dan bertangkai panjang.
Buahnya buah buni majemuk, bulat panjang, berdaging, berwarna hijau, jika masak warnanya menjadi kuning. Buah nanas rasanya enak, asam sampai manis. Bijinya kecil, seringkali tidak jadi.

https://ghoshopsite.wordpress.com/2017/02/10/nanas-%E2%80%95-ciri-ciri-tanaman-khasiat-manfaat-resep-obat-herbal/

2.1. LEMON





A. Nama: Lemon ( Citrus × limon )






Lemon atau jeruk lemon atau yang juga dikenal sebagai sitrun adalah salah satu jenis jeruk yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Lemon memiliki bentuk dan warna yang khas, yaitu kuning cerah warnanya dan bentuknya lonjong dengan ujung-ujungnya yang mengerucut. Bagian kulitnya empuk agak tebal, dan bulirnya berwarna bening kekuningan.
Lemon memiliki citarasa asam yang khas buah jeruk, tapi juga memiliki rasa manis. Sehingga rasanya asam manis segar dengan aroma yang kuat. Lemon memiliki karakteristik yang hampir sama dari segi rasanya dengan jeruk nipis. Keduanya juga bisa saling menggantikan, terlebih karena harga lemon juga cenderung lebih mahal.
http://www.kerjanya.net/faq/18124-lemon.html

B. History of lemon


Asal usul secara tepat dari lemon masih misteri, walaupun dianggap secara meluas bahawa lemon pertama tumbuh di India, utara Burma dan China. Di Asia Tenggara dan Selatan, ia dikenali kerana sifat antiseptik dan digunakan sebagai penawar untuk pelbagai racun. Lemon masuk ke Eropah (di dekat Itali selatan) paling lambat pada abad ke-1 Masihi, pada masa Romawi Kuno. Namun, tidak banyak yang ditanam. Lemon kemudian diperkenalkan ke Parsi dan kemudian ke Iraq dan Mesir sekitar tahun 700. Lemon pertama kali tercatat dalam kesusasteraan dalam risalah Arab abad ke-10 mengenai pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di kebun Islam awal. Ia diedarkan secara meluas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterranian antara 1000 dan 1150 M. Asal genetik lemon bagaimanapun, dilaporkan merupakan hibrid atau persilangan antara jeruk pahit dan jeruk sitron (Citron).


Penanaman lemon besar pertama di Eropa bermula di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalanan itu. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon. Lemon terutama digunakan sebagai perhiasan dan obat. Pada abad ke-18 dan 19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California, ketika itu lemon mula digunakan dalam masakan dan perisa.


Pada 1747, uji coba James Lind pada pelaut yang menderita penyakit skurvi melibatkan penambahan vitamin C dalam diet mereka dengan jus lemon.


Jalur etimologi perkataan lemon menunjukkan asal Timur Tengah. Salah satu sebutan paling awal "lemon" dijumpai dalam dokumen Inggris Tengah antara 1420-1421, kemudian lemon muncul pada Perancis Lama, limone (Itali), laymūn atau limun (Arab), dan līmūn (Parsi).
http://jasaforbisnis.blogspot.com/2018/03/asal-usul-jeruk-lemon.html



C. Fungsi / manfaat

SELAIN menyegarkan dan meningkatkan rasa makanan, perasan jeruk lemon memiliki sejumlah manfaat dalam memasak

Melezatkan ikan atau ayam panggang
Agar rasanya lebih kuat dan enak, tambahkan perasan air jeruk di atas ikan atau ayam panggang Anda. Perasan jeruk lemon akan menciptakan rasa yang lebih kompleks.

Membuat warna sayuran atau bumbu hijau tetap hijau
Sudah rahasia umum, bahwa perasan jeruk lemon mencegah potongan sayuran berubah warna dalam waktu dekat. Sitrat dan askorbat asam pada jeruk lemon mencegah proses oksidasi sehingga warna sayuran atau makanan tetap hijau. Tambahkan dua sendok teh perasan lemon untuk setiap cangkir bumbu-bumbu yang berwarna hijau.
Mencerahkan warna minyak olesan
Agar minyak atau bumbu olesan memiliki warna yang cerah dan lebih segar, tambahkan dengan saru sendok makan perasan jeruk lemon.
Mencerahkan saus mentega cokelat
Lemon bisa mencerahkan warna pada olesan mentega cokelat Anda. Rasa olesan untuk ayam, ikan dan daging pun akan lebih segar.
Pengganti wine
Jika makanan yang akan Anda buat menggunakan wine, dan Anda tidak bisa mendapatkannya, ganti dengan jeruk lemon. Misalnya untuk menggantikan 1/2 cangkir wine untuk sup, Anda bisa menggunakan satu sendok perasan jeruk lemon ditambah 1/2 cangkir kaldu ayam.

https://lifestyle.okezone.com/read/2015/01/27/298/1098018/10-manfaat-jeruk-lemon-dalam-memasak-ii-habis

D. kandungan gizi


Kandungan gizi yang ada pada buah lemon secara lebih jelasnya disajikan dalam tabel berikut ini :
Gizi Jumlah / 100 gram
Vitamin C 27 mg
Vitamin B1 0,04 mg
Protein 0,9 gram
Lemak 0,2 gram
karbohidrat 11,4 gram
Mineral 0,5 gram
Kalsium 33 mg
Fosfor 23 mg
Zat besi 0,4 mg
Asam askorbat 49 mg
Energi 51 kal
Air 86 gram


https://www.honestdocs.id/kandungan-manfaat-jeruk-lemon-untuk-kesehatan-kecantikan

E. Karakteristik


Buah lemon mempunyai warna hijau saat muda dan jika sudah matang buah ini akan berwarna kuning dan orange.
Rasa dari buah lemon baik yang masih muda maupun matang ialah memiliki rasa yang masam.
Bentuk buah bulat bahkan ada yang bulat lonjong dan pada ujungnya meruncing.
Daging dari buah lemon ini hampir semuanya berisi air yang dibungkus oleh kulit tipis.
Dalam daging buah lemon terdapat biji seperti jeruk pada umumnya.

https://delemonaslisarilemon.wordpress.com/2019/04/18/ciri-ciri-buah-lemon/

3.1. TIMUN

A. Nama: TIMUN ( Cucumis sativus L )





Timun merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan buah yang banyak dijumpai khususnya di berbagai macam tempat makan khas Sunda. Mengapa Sunda? Karena tempat makan khas daerah ini memiliki banyak makanan yang disajikan dengan lalapan. Timun merupakan salah satu diantara berbagai lalapan yang ada. Banyak masyarakat yang menggunakan kata timun sebagai ketimun atau mentimun. Namun, jenis yang dimaksud biasanya adalah sama. Jenis buah berbentuk lonjong yang agak melengkung di bagian ujungnya berwarna hijau dengan gradasi di bagian ujung-ujungnya. Untuk memetik buah timun ini, waktu yang tepat adalah ketika buah timun dalam kondisi setengah matang. Hal ini untuk menjamin biji timun tidak menjadi hitam sebelum waktunya.

http://www.kerjanya.net/faq/18324-timun.html

B. History of TIMUN


Mentimun berasal dari Cina bagian tengah dan barat. Mentimun juga ditemukan juga di India timur laut dan Myanmar.


Mentimun atau biasa disingkat dengan sebutan timun itu dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Oleh karena itu didataran rendah orang masih banyak bertanam timun, misalnya di Dramaga, dan ciomas (Bogor). Luas penanaman timun di Indonesia berkisar 13.500-17.500 ha.




Mentimun alias timun dikenal memiliki banyak manfaat lain selain sebagai lalapan dan bahan acar. Karena mentimun banyak mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Karenanya, bisa pula digunakan sebagai obat sariawan, merawat kulit dan wajah, melancarkan buang air seni, menurunkan tekanan darah tinggi, obat jerawat, dan obat demam. Jadi, tidak salah kalau banyak orang yang menyukainya.
https://ibutani.blogspot.com/2011/11/sejarah-dan-manfaat-mentimun.html


C. Fungsi / manfaat


1. Timun baik untuk otak
Mentimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan otak.
Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan konektivitas neuron yang dapat membantu dalam menjaga daya ingat.
Selain itu juga akan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.
2. Mengurangi stres
Timun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7.
Vitamin B7 juga dikenal sebagai biotin, yang sangat efektif dalam merilekskan sistem saraf untuk menghindari stress dan rasa cemas.
3. Menurunkan berat badan
Ini adalah fakta umum bahwa mentimun dapat membantu menurunkan berat badan.
Timun perlu ditambahkan dalam list mneu diet kamu, loh.
Namun tetap diseimbangkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein dalam jumlah yang sesuai.
4. Mengandung Sifat Anti inflamasi Alami
Timun mengandung sekitar 96 persen air yang membuat tubuh tetap terhidrasi, serta memelihara sel-sel dalam tubuh, dan meningkatkan beberapa proses internal tubuh.
Jus timun juga bagus untuk mengurangi rasa sakit dan infeksi.


https://www.grid.id/read/04885242/4-manfaat-timun-yang-perlu-kamu-ketahui-apa-saja-ya?page=all



D. kandungan gizi


Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 15kcal –
Karbohidrat 3,63g –
Air 95,23g –
Protein 0,65g –
Gula 1,67g –
Serat 0,5g –
Lemak 0,11g –
Vitamin C 2,8mg 3%
Vitamin K 16,4µg 16%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,027mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,033mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,098mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,259mg 5%
Vitamin B9 (Folat) 7µg 2%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,28mg 2%
Magnesium 13mg 4%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 147mg 3%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,2mg 2%


https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-mentimun-cuumber-manfaat-mentimun-bagi-kesehatan/

E. Karakteristik


Daun tunggal, letak berseling, bertangkai panjang, bentuknya bulat telur lebar, bertaju 3-7, dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing, tepi bergerigi.
Panjang 7-18 cm, lebar 7-15 cm, warnanya hijau. Bunganya ada yang jantan berwarna putih kekuningan, dan bunga betina yang bentuknya seperti terompet.
Buah mentimun berbentuk bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya hijau dengan lari-larik putih kekuningan, setelah tua warnanya kuning kotor, panjang 10–30 cm, bagian pangkal berbintil, banyak mengandung cairan. Bijinya banyak, bentuknya lonjong meruncingi pipih. Daun dan tangkai muda bisa dimakan sebagai lalab mentah atau dikukus.



https://www.mangyono.com/2015/07/ciri-ciri-tanaman-mentimun.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food termonology

sous vide

LOCAL FOOD